MEDIA MASSA DARI MASA KE MASA

www.google.co.id

Perkembangan media massa (suratkabar, radio dan televisi) di Indonesia diklasifikasikan kedalam beberapa masa, seperti: masa penjajahan Belanda dan Jepang, masa merebut kemerdekaan, masa orde baru, dan masa pasca reformasi. Berikut penjelasan singkatnya:
1.      Masa Penjajahan Belanda dan Jepang
Pada kedua masa ini, media massa digunakan penjajah sebagai alat propagandanya, dengan pribumi sebagai karyawan yang dibayar murah. Tapi, dari sinilah pribumi belajar untuk memproduksi media massa sebagai alat perjuangan merebut kemerdekaan.
2.      Masa Merebut Kemerdekaan
Pada masa ini, beberapa suratkabar dimaksudkan sebagai media perjuangan pribumi. Mulai dari perjuangannya sebagai media massa bawah tanah, hingga bahu-membahu dalam pembiayaan operasionalnya. Tidak sedikit dari media massa itu yang ditutup pemerintah kolonial, tapi tidak sedikit juga yang masih eksis sampai sekarang. Bahkan, radio mendapatkan peran heroiknya tersendiri saat menyebarluaskan teks proklamasi ke seluruh penjuru dunia. Sehingga, masyarakat seluruh dunia tahu Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan yang menyiksa.
3.      Masa Orde Baru
Pada masa ini, media massa dihadapkan dengan aturannyeleneh’, dimana gerak media massa dibatasi. Pada masa ini, muncul Undang-Undang Pokok Pers Nomor 11 Tahun 1966, dan aturan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) yang represif. Tak sedikit media massa yang bersebrangan dengan pemerintah dibredel. Media massa (seperti TVRI dan RRI) pun hanya menjadi corong pemerintah.
4.      Pasca Reformasi
Pasca reformasi, media massa dapat menghirup udara segar. Berkat diterbitkannya UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers menggantikan UU yang lama. Masa ini juga ditandai dengan menjamurnya media massa di Indonesia.

Komentar

Postingan Populer