KONSEP DASAR KOMUNIKASI (2)

1.       Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu (Silviani, 2020: 30).

2.       Komunikasi dapat efektif apabila pesan diterima dan dimengerti, sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan, dan pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan (Silviani, 2020: 30).

3.       Dua tujuan dalam berkomunikasi, yaitu: 1) Perubahan sikap; memberikan berbagai informasi kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat akan berubah sikapnya, dan 2) Perubahan perilaku; memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat akan berubah perilakunya. Tindakan tersebut menunjukkan adanya perubahan sosial setelah komunikasi (Silviani, 2020: 30-31).

4.       Aspek komunikasi massa berfungsi untuk menyebarluaskan informasi, meratakan pendidikan, merangsang pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan kegembiraan dalam hidup seseorang (Cangara dan Ahira dalam Silviani, 2020: 34).

5.       Salah satu alat untuk menyampaikan pesan seperti televisi (Silviani, 2020: 41).

6.       Salah satu metode komunikasi adalah menggunakan tindakan satu arah. Seperti dalam komunikasi massa (elektronik).

7.       Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada suatu penerima dengan niat yang disadari untuk memengaruhi perilaku penerima (Miller dalam Silviani, 2020: 42).

8.       Komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Rogers dalam Silviani, 2020: 42).

9.       Komunikasi massa merupakan sebuah proses penyampaian pesan melalui saluran-saluran media massa, seperti televisi. Oleh karena pesan yang disampaikan bersifat massal, maka karakteristik komunikasi massa adalah bersifat umum. Artinya, pesan yang disampaikan bersifat heterogen, karena ditujukan untuk seluruh anggota masyarakat. Pesan yang disampaikan juga bersifat serempak dan seragam, serta hubungan antar komunikan dengan komunikator sifatnya nonpribadi (Silviani, 2020: 45).

10.   Menurut Nuruddin (dalam Silviani, 2020: 46), komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud mengubah perilaku.

11.   Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih dalam menyampaikan dan menerima pesan dalam suatu konteks yang menimbulkan efek dan terjadinya umpan balik, meskipun dalam penyampaian pesan itu kadang-kadang mengalami gangguan (DeVito dalam Silviani, 2020: 47).

12.   Tingkat keberhasilan pencapaian tujuan komunikasi dapat dinilai dari sejauh mana saling pengertian, atau kesepakatan yang tercapai oleh pihak-pihak dalam melakukan komunikasi (Silviani, 2020: 47).

13.   Menurut Effendy (dalam Silviani, 2020: 48), berdasarkan keterampilan berkomunikasi yang dilakukan komunikator, teknik komunikasi diklasifikasikan menjadi: a. Komunikasi informatif; b. Komunikasi persuasif.

14.   Teknik ini dapat berdampak kognitif, karena komunikan dapat mengetahui sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan. Seperti halnya dalam penyampaian berita dalam media elektronik. Teknik informatif ini berlaku komunikasi satu arah, pesannya bersifat umum, medianya menimbulkan keserempakan, serta komunikannya heterogen (Silviani, 2020: 48).


Komentar

Postingan Populer