KONSEP DASAR KOMUNIKASI (2)
1. Komunikasi
adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media
yang menimbulkan efek tertentu (Silviani, 2020: 30).
2. Komunikasi
dapat efektif apabila pesan diterima dan dimengerti, sebagaimana dimaksud oleh
pengirim pesan, dan pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima
pesan (Silviani, 2020: 30).
3.
Dua tujuan dalam berkomunikasi, yaitu: 1) Perubahan sikap; memberikan
berbagai informasi kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat akan berubah
sikapnya, dan 2) Perubahan perilaku; memberikan berbagai informasi pada
masyarakat dengan tujuan agar masyarakat akan berubah perilakunya. Tindakan
tersebut menunjukkan adanya perubahan sosial setelah komunikasi (Silviani,
2020: 30-31).
4.
Aspek komunikasi massa berfungsi untuk menyebarluaskan informasi,
meratakan pendidikan, merangsang pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan
kegembiraan dalam hidup seseorang (Cangara dan Ahira dalam Silviani, 2020: 34).
5. Salah
satu alat untuk menyampaikan pesan seperti televisi (Silviani, 2020: 41).
6. Salah
satu metode komunikasi adalah menggunakan tindakan satu arah. Seperti dalam
komunikasi massa (elektronik).
7. Komunikasi
terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada suatu penerima
dengan niat yang disadari untuk memengaruhi perilaku penerima (Miller dalam
Silviani, 2020: 42).
8. Komunikasi
adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima
atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Rogers dalam
Silviani, 2020: 42).
9.
Komunikasi massa merupakan sebuah proses penyampaian pesan melalui saluran-saluran
media massa, seperti televisi. Oleh karena pesan yang disampaikan bersifat
massal, maka karakteristik komunikasi massa adalah bersifat umum. Artinya,
pesan yang disampaikan bersifat heterogen, karena ditujukan untuk seluruh
anggota masyarakat. Pesan yang disampaikan juga bersifat serempak dan seragam,
serta hubungan antar komunikan dengan komunikator sifatnya nonpribadi
(Silviani, 2020: 45).
10. Menurut
Nuruddin (dalam Silviani, 2020: 46), komunikasi adalah proses di mana suatu ide
dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud mengubah
perilaku.
11. Komunikasi
adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau lebih dalam menyampaikan dan
menerima pesan dalam suatu konteks yang menimbulkan efek dan terjadinya umpan
balik, meskipun dalam penyampaian pesan itu kadang-kadang mengalami gangguan
(DeVito dalam Silviani, 2020: 47).
12. Tingkat
keberhasilan pencapaian tujuan komunikasi dapat dinilai dari sejauh mana saling
pengertian, atau kesepakatan yang tercapai oleh pihak-pihak dalam melakukan
komunikasi (Silviani, 2020: 47).
13. Menurut
Effendy (dalam Silviani, 2020: 48), berdasarkan keterampilan berkomunikasi yang
dilakukan komunikator, teknik komunikasi diklasifikasikan menjadi: a.
Komunikasi informatif; b. Komunikasi persuasif.
14.
Teknik ini dapat berdampak kognitif, karena komunikan dapat mengetahui
sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan. Seperti halnya dalam penyampaian
berita dalam media elektronik. Teknik informatif ini berlaku komunikasi satu
arah, pesannya bersifat umum, medianya menimbulkan keserempakan, serta
komunikannya heterogen (Silviani, 2020: 48).
Komentar
Posting Komentar