TABEL KOMUNIKASI PEMBANGUNAN

No.

Definisi

1.

“Komunikasi sendiri dimaknai sebagai kegiatan penyampaian pesan, informasi ide, pemikiran dan lain-lain melalui saluran komunikasi tertentu dengan tujuan untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain”.

2.

“Komunikasi pembangunan dalam arti yang luas, meliputi peran dan fungsi komunikasi sebagai suatu aktivitas pertukaran pesan secara timbal balik di antara masyarakat dan pemerintah. Mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan”.

3.

“Dalam arti sempit, pengertian komunikasi pembangunan adalah segala upaya, cara dan teknik penyampaian gagasan dan keterampilan pembangunan yang berasal dari pihak yang memprakarsai pembangunan kepada masyarakat yang menjadi sasaran. Agar dapat memahami, menerima dan berpartisipasi dalam pembangunan”.

4.

“Komunikasi pembangunan merupakan strategi yang menekankan pada perlunya sosialisasi pembangunan kepada para pelaku pembangunan berupa penyebaran pesan oleh seseorang atau sekelompok kepada khalayak guna mengubah sikap, pendapat, dan perilakunya dalam rangka meningkatkan kemajuan lahiriah dan kepuasan batiniah untuk mencapai tujuan pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan secara merata oleh seluruh rakyat”.

5.

“Komunikasi pembangunan merupakan proses penyebaran informasi, penerangan, pendidikan dan keterampilan, rekayasa sosial dan perubahan perilaku”.


No.

Peran Media Massa dalam Komunikasi Pembangunan

Contoh

1.

Definisi

Proses penyampaian pesan, informasi, ide, pemikiran dan lain-lain ini dilakukan dengan teknik komunikasi tertentu, agar dapat diterima dengan baik oleh khalayak.

Menurut Nasor (2013), teknik komunikasi diartikan sebagai pendekatan atau penggambaran secara sederhana mengenai proses komunikasi yang secara kenyataan sangatlah rumit.

2.

Menyampaikan kepada masyarakat informasi (to inform), atau sebagai sumber daya informasi tentang pembangunan, agar mereka memusatkan perhatian pada kebutuhan akan perubahan; kesempatan dan cara mengadakan perubahan, sarana-sarana perubahan, dan membangkitkan aspirasi nasional.

Menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan penerapan tatanan kehidupan normal baru. Dalam rangka berdamai dengan Virus Corona yang sampai dengan saat ini belum ditemukan vaksinnya. Sehingga, apabila penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terlalu lama, dapat mengkhawatirkan dari sektor ekonomi negara. Namun penerapan New Normal ini dengan tetap memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga ekonomi masyarakat kita nantinya dapat menggeliat kembali setelah sekian lama lesu akibat pandemi.

Sehingga lewat informasi ini nantinya masyarakat dapat menemukan format baru kehidupan dalam tatanan kehidupan baru pasca transisi PSBB sebelumnya.

3.

Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif (to participate) dalam proses pembuatan keputusan; memperluas dialog agar melibatkan semua pihak yang akan membuat keputusan mengenai perubahan; memberi kesempatan kepada para pemimpin masyarakat untuk memimpin dan mendengarkan pendapat rakyat kecil, dan menciptakan arus informasi yang berjalan lancar dari atas ke bawah.

Kehadiran media baru memberikan kesempatan kepada masyarakat, dan influencer untuk berperan aktif dalam mengkritisi setiap kebijakan pemerintah terkait dengan PSBB. Seperti salah satunya menyoal tentang jaring pengaman sosial (Bantuan Langsung Tunai/BLT), yang masih banyak pemberiannya tidak tepat sasaran, dan mengalami pemotongan-pemotongan. Sehingga, apa yang dilakukan masyarakat dan influencer tersebut dapat menjadi wacana bagi pemerintah untuk memperbaiki sistem yang ada. Seperti kembali mengecek kebenaran data yang ada, ataupun memperbaiki koordinasi antara pusat dan daerah.


No.

Hal Utama yang Dilakukan Komunikasi Pembangunan

Contoh

1.

Membuka pemahaman

Membuka pemahaman terhadap masyarakat akan arti pentingnya penerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

2.

Wawasan berpikir

Membuka cakrawala wawasan berpikir masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Dalam upaya melawan Virus Corona.

3.

Pengayaan pengetahuan dan keterampilan

Pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam membuat cairan disinfektan, hand sanitizer dan masker secara mandiri. Ketika alat-alat pensanitasi tersebut sulit ditemukan, karena ditimbun oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Serta solidaritas masyarakat untuk membantu para pekerja informal terdampak secara swadaya. Walhasil, masyarakat menjadi ekstrovert sekalipun tinggal di wilayah perkotaan yang terkesan individualistis. Hal ini sedikit banyak juga merupakan peran media massa yang merangsang/mempersuasi (to persuade) masyarakat untuk bertindak nyata (behavioral).

4.

Pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh

Menggunakan influencer di media sosial dan para artis di media massa konvensional. Dalam rangka mengajak masyarakat untuk menerapkan pola social dan physical distancing ketika beraktivitas di luar rumah.


No.

Tiga Komponen Dasar Pembangunan

Contoh

1.

Komunikator

Aparat Pemerintah atau Influencer

2.

Pesan Pembangunan

Bersatu Melawan Corona

3.

Komunikan

Masyarakat luas yang menjadi sasaran (rural/urban)




Komentar

Postingan Populer