TABEL KOMUNIKASI PEMBANGUNAN
No. |
Definisi |
1. |
“Komunikasi
sendiri dimaknai sebagai kegiatan penyampaian pesan, informasi ide, pemikiran
dan lain-lain melalui saluran komunikasi tertentu dengan tujuan untuk
mengubah sikap dan perilaku orang lain”. |
2. |
“Komunikasi
pembangunan dalam arti yang luas, meliputi peran dan fungsi komunikasi
sebagai suatu aktivitas pertukaran pesan secara timbal balik di antara
masyarakat dan pemerintah. Mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pembangunan”. |
3. |
“Dalam arti
sempit, pengertian komunikasi pembangunan adalah segala upaya, cara dan
teknik penyampaian gagasan dan keterampilan pembangunan yang berasal dari
pihak yang memprakarsai pembangunan kepada masyarakat yang menjadi sasaran.
Agar dapat memahami, menerima dan berpartisipasi dalam pembangunan”. |
4. |
“Komunikasi
pembangunan merupakan strategi yang menekankan pada perlunya sosialisasi
pembangunan kepada para pelaku pembangunan berupa penyebaran pesan oleh
seseorang atau sekelompok kepada khalayak guna mengubah sikap, pendapat, dan
perilakunya dalam rangka meningkatkan kemajuan lahiriah dan kepuasan batiniah
untuk mencapai tujuan pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan secara merata
oleh seluruh rakyat”. |
5. |
“Komunikasi
pembangunan merupakan proses penyebaran informasi, penerangan, pendidikan dan
keterampilan, rekayasa sosial dan perubahan perilaku”. |
No. |
Peran Media Massa dalam Komunikasi Pembangunan |
Contoh |
1. |
Definisi |
Proses
penyampaian pesan, informasi, ide, pemikiran dan lain-lain ini dilakukan
dengan teknik komunikasi tertentu, agar dapat diterima dengan baik oleh
khalayak. Menurut
Nasor (2013), teknik komunikasi diartikan sebagai pendekatan atau
penggambaran secara sederhana mengenai proses komunikasi yang secara
kenyataan sangatlah rumit. |
2. |
Menyampaikan
kepada masyarakat informasi (to inform), atau sebagai sumber daya informasi tentang
pembangunan, agar mereka memusatkan perhatian pada kebutuhan akan perubahan;
kesempatan dan cara mengadakan perubahan, sarana-sarana perubahan, dan membangkitkan
aspirasi nasional. |
Menyampaikan
kepada masyarakat terkait dengan penerapan tatanan kehidupan normal baru.
Dalam rangka berdamai dengan Virus Corona yang sampai dengan saat ini belum
ditemukan vaksinnya. Sehingga, apabila penerapan Pembatasan Sosial Berskala
Besar (PSBB) terlalu lama, dapat mengkhawatirkan dari sektor ekonomi negara.
Namun penerapan New Normal ini
dengan tetap memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga ekonomi
masyarakat kita nantinya dapat menggeliat kembali setelah sekian lama lesu
akibat pandemi. Sehingga
lewat informasi ini nantinya masyarakat dapat menemukan format baru kehidupan
dalam tatanan kehidupan baru pasca transisi PSBB sebelumnya. |
3. |
Memberikan
kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif (to
participate) dalam proses pembuatan keputusan; memperluas dialog agar
melibatkan semua pihak yang akan membuat keputusan mengenai perubahan;
memberi kesempatan kepada para pemimpin masyarakat untuk memimpin dan
mendengarkan pendapat rakyat kecil, dan menciptakan arus informasi yang
berjalan lancar dari atas ke bawah. |
Kehadiran
media baru memberikan kesempatan kepada masyarakat, dan influencer untuk berperan aktif dalam mengkritisi setiap
kebijakan pemerintah terkait dengan PSBB. Seperti salah satunya menyoal
tentang jaring pengaman sosial (Bantuan Langsung Tunai/BLT), yang masih
banyak pemberiannya tidak tepat sasaran, dan mengalami pemotongan-pemotongan.
Sehingga, apa yang dilakukan masyarakat dan influencer tersebut dapat menjadi wacana bagi pemerintah untuk
memperbaiki sistem yang ada. Seperti kembali mengecek kebenaran data yang
ada, ataupun memperbaiki koordinasi antara pusat dan daerah. |
No. |
Hal Utama yang Dilakukan Komunikasi
Pembangunan |
Contoh |
1. |
Membuka pemahaman |
Membuka pemahaman
terhadap masyarakat akan arti pentingnya penerapkan pola hidup bersih dan
sehat. Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. |
2. |
Wawasan berpikir |
Membuka cakrawala
wawasan berpikir masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Dalam
upaya melawan Virus Corona. |
3. |
Pengayaan pengetahuan dan
keterampilan |
Pengetahuan dan
keterampilan masyarakat dalam membuat cairan disinfektan, hand sanitizer dan masker secara
mandiri. Ketika alat-alat pensanitasi tersebut sulit ditemukan, karena ditimbun
oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Serta solidaritas masyarakat
untuk membantu para pekerja informal terdampak secara swadaya. Walhasil,
masyarakat menjadi ekstrovert sekalipun tinggal di wilayah perkotaan yang
terkesan individualistis. Hal ini sedikit banyak juga merupakan peran media
massa yang merangsang/mempersuasi (to
persuade) masyarakat untuk bertindak nyata (behavioral). |
4. |
Pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh |
Menggunakan influencer di media sosial dan para
artis di media massa konvensional. Dalam rangka mengajak masyarakat untuk
menerapkan pola social dan physical distancing ketika
beraktivitas di luar rumah. |
No. |
Tiga Komponen Dasar Pembangunan |
Contoh |
1. |
Komunikator |
Aparat
Pemerintah atau Influencer |
2. |
Pesan Pembangunan |
Bersatu Melawan Corona |
3. |
Komunikan |
Masyarakat
luas yang menjadi sasaran (rural/urban) |
Komentar
Posting Komentar