KONSEP DASAR KOMUNIKASI

1.       Komunikasi adalah suatu proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui beragam saluran (Trenholm dan Jensen dalam Silviani, 2020: 27).

2.       Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (Hoveland, Janis dan Kelley dalam Silviani, 2020: 27).

3.       Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lainnya (Berelson dan Steiner dalam Silviani, 2020: 28).

4.       Ilmu komunikasi adalah upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap (Effendy dalam Silviani, 2020: 28).

5.       Objek studi ilmu komunikasi bukan hanya penyampaian informasi, melainkan juga pembentukan pendapat umum (public opinion) dan sikap public (public attitude) yang dalam kehidupan sosial dan kehidupan politik memainkan peranan yang sangat penting (Hovland dalam Silviani, 2020: 28).

6.       Komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain. Jadi dalam berkomunikasi bukan sekadar memberi tahu, tetapi juga berupaya memengaruhi agar seseorang atau sejumlah orang melakukan kegiatan atau tindakan yang diinginkan oleh komunikator, akan tetapi seseorang akan dapat mengubah sikap, pendapat atau perilaku orang lain. Hal itu bisa terjadi apabila komunikasi yang disampaikannya bersifat komunikatif, yaitu komunikator dalam menyampaikan pesan-pesan harus benar-benar dimengerti dan dipahami oleh komunikan untuk mencapai tujuan komunikasi yang komunikatif (Hovland dalam Silviani, 2020: 28-29).

7.       Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak) (Hovland, Janis dan Kelley dalam Silviani, 2020: 29).

8.       Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keaahlian, dan lain-lain melalui penggunaan simbol-simbol, seperti kata-kata, gambar, angka-angka, dan lain-lain (Berelson dan Steiner dalam Silviani, 2020: 29).

9.       Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego (Barnlund dalam Silviani, 2020: 29).

10.   Menurut Mubarok dan Andjani (dalam Silviani, 2020: 30) paradigma Lasswell menunjukkan, bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukannya itu, yakni:

a.       Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan atau informasi.

b.      Pesan adalah pernyataan yang didukung oleh lambing, bahasa, gambar dan sebagainya.

c.       Media adalah sarana atau saluran yang mendukung pesan, bila komunikan jauh tempatnya atau banyak jumlahnya, maka diperlukan media sebagai penyampai pesan.

d.      Komunikan adalah orang yang menerima pesan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator.

e.      Efek adalah dampak sebagai pengaruh dari pesan.

Komentar

Postingan Populer