KOMODIFIKASI MEDIA ADALAH...
sumber: www.google.co.id |
Komodifikasi menurut Vincent Mosco (1996: 140: 141)
adalah perubahan bentuk nilai guna menjadi nilai tukar, atau bentuk dari produk
saat produksinya diatur melalui proses pertukaran tersebut. Singkatnya, program
siaran apapun yang jumlahnya sangat banyak, dan beragam jenisnya seperti
berita, talkshow, infotainment, sinetron, variety show, pendidikan, anak-anak
dan perempuan, religi, wisata budaya, hiburan, pariwisata, olahraga, dan
seterusnya dapat menjadi nilai tukar bagi tim produksi selama ia memiliki nilai
tukar di mata pemirsanya. Seperti siaran langsung sidang kasus pembunuhan Mirna
di tvOne dapat digolongkan kedalam
komodifikasi konten berita, sebagaimana yang telah diulas sebelumnya.
Untuk dapat memahami konsep komodifikasi, kita harus
memahami apa yang dimaksud dengan nilai guna dan nilai tukar terlebih dahulu.
Menurut Adam Smith, nilai guna dan nilai tukar merupakan dua nilai yang dapat
membedakan suatu produk. Nilai guna berasal dari kepuasan manusia atas
keinginan atau kebutuhan tertentu, sedangkan nilai tukar didasarkan pada apa
yang dapat dihasilkan produk dalam pertukaran. Sebab, komodifikasi merujuk pada
konten siaran sebagai produk yang nilainya ditentukan oleh kemampuannya untuk
memenuhi kebutuhan relasi kuasa medianya, dan diubah menjadi produk yang
nilainya juga ditentukan oleh pasar.
Komentar
Posting Komentar