KOMODIFIKASI MEDIA ADALAH...

sumber: www.google.co.id
Komodifikasi menurut Vincent Mosco (1996: 140: 141) adalah perubahan bentuk nilai guna menjadi nilai tukar, atau bentuk dari produk saat produksinya diatur melalui proses pertukaran tersebut. Singkatnya, program siaran apapun yang jumlahnya sangat banyak, dan beragam jenisnya seperti berita, talkshow, infotainment, sinetron, variety show, pendidikan, anak-anak dan perempuan, religi, wisata budaya, hiburan, pariwisata, olahraga, dan seterusnya dapat menjadi nilai tukar bagi tim produksi selama ia memiliki nilai tukar di mata pemirsanya. Seperti siaran langsung sidang kasus pembunuhan Mirna di tvOne dapat digolongkan kedalam komodifikasi konten berita, sebagaimana yang telah diulas sebelumnya.
Untuk dapat memahami konsep komodifikasi, kita harus memahami apa yang dimaksud dengan nilai guna dan nilai tukar terlebih dahulu. Menurut Adam Smith, nilai guna dan nilai tukar merupakan dua nilai yang dapat membedakan suatu produk. Nilai guna berasal dari kepuasan manusia atas keinginan atau kebutuhan tertentu, sedangkan nilai tukar didasarkan pada apa yang dapat dihasilkan produk dalam pertukaran. Sebab, komodifikasi merujuk pada konten siaran sebagai produk yang nilainya ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan relasi kuasa medianya, dan diubah menjadi produk yang nilainya juga ditentukan oleh pasar.

Komentar

Postingan Populer