My Last Feeling in Outward Bound

dok. pribadi
Pengembangan perilaku manajerial di alam terbuka memang sangat diperlukan, ditengah kepenatan ibukota Provinsi Sumatera Utara, dan rutinitas pekerjaan yang padat. Dalam pengembangan perilaku manajerial ini, para peserta diajak untuk bersahabat. Jadi, sejatinya KPI dan lembaga penyiaran sebenarnya kawan; bukan lawan apalagi musuh. Lagipun, sharing is caring.
Dalam pengembangan perilaku manajerial ini, para peserta diajak untuk sedikit merenggangkan urat sarafnya yang tegang, seperti senam otak dan chicken dance. Alhamdulillah, dalam rangkaian kegiatannya, seluruh peserta pun tampak riang, dan tak ada satu pun yang murung.
Dalam sesi motivation building oleh Supardi Viktor, S.E juga peserta lebih mengenal dirinya sendiri dan orang lain. Sehingga, diharapkan di tempat kerja nantinya dapat mewujudkan teamwork yang kokoh ditengah berbagai perbedaan dan dinamika yang ada. Baik itu atas nama Suku, Agama, Ras, Golongan, dan pilihan presiden nanti. Kita tetap bersaudara! Good habit ini harus terus dipelihara. Jones dalam model kompetensi komunikasi antarbudaya-nya menyebutkan, keberagaman merupakan awal dari kreatifitas dan inovasi. Itu sebabnya keberagaman bukan untuk diseragamkan, namun dikembangkan. Keberagaman adalah berbagai perbedaan yang ada pada setiap orang; baik usia, jenis kelamin, etnik, tampilan fisik, agama, kebangsaan, tempat tinggal dan sebagainya. Jones mengatakan, keberagaman ini merupakan kekayaan sebagai modal dasar dalam menciptakan kreatifitas dan inovasi. Itu sebabnya, janganlah takut dalam menyikapi per-be-da-an.
Dari Flying Fox, tim kami belajar untuk mengenyahkan rasa takut, terbang dan menukik mewujudkan apapun cita-cita kita. Begitupula halnya dengan game-game lainnya. Meski terhenti ditengah guyuran hujan, kami tetap belajar tentang arti pentingnya menjunjung tinggi pakta integritas pekerja. Dimana senyawa pikiran, perkataan, dan perbuatan haruslah bersinergi satu dengan yang lainnya.
Fokus, disiplinitas, pentingnya menyeimbangkan antara IQ, EQ, SQ, AQ dan CQ, serta merekonstruksi sudut pandang kita menjadi lebih terbuka dan pantang menyerah. Lagipun, hasil penelitian menunjukkan, “90% prestasi kerja ditentukan oleh EQ” (Goleman). Terakhir, mengutip perkataan Pak Viktor, maka kita adalah sekumpulan kebun yang penuh dengan bunga. Ada yang merah dan ada yang putih. Yang setiap hari harus kita siram semua. Mawar maupun melati, sekalipun berbeda, semuanya tetap indah.

Komentar

Postingan Populer