PENGERTIAN KOMUNIKASI
www.google.co.id |
Pengertian komunikasi dibagi pada empat macam, yaitu: 1)
Secara Etimologis; 2) Secara Terminologis; dan 3) Menurut Para Ahli. Berikut
penjelasannya:
1.
Secara
Etimologis
Komunikasi
adalah upaya menghasilkan kesepahaman makna, antara pengirim dan penerima pesan.
Jadi, bukan berarti si penerima harus ‘setuju’ dengan pesan yang disampaikan
oleh pengirim, melainkan cukup memahami maksudnya saja. Istilah komunikasi
berasal dari kata communis (bukan Partai Komunis) yang berarti ‘sama’.
2.
Secara
Terminologis
Komunikasi
adalah ilmu yang mempelajari pernyataan manusia yang bersifat umum (general).
3.
Menurut
Para Ahli
Salah
satunya Dance mengkategorikan definisi komunikasi kedalam empat kelompok,
diantaranya: a) menekankan penyebaran atau pengiriman; b) menekankan persamaan
arti; c) menekankan persuasi; dan d) menekankan aspek tingkah laku.
a.
Definisi
yang menekankan penyebaran atau pengiriman
Contoh:
Bernard Berelson dan Gary A. Steiner menyatakan: “Komunikasi merupakan
transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya. Dengan
menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafik dan sebagainya. Tindakan
atau proses transmisi itulah yang disebut komunikasi”. Atau Simpson dan
Weiner (1990) yang menyatakan: “Komunikasi sebagai penanaman (importing),
penyampaian (conveying) atau penukaran (exchange) ide-ide, pengetahuan maupun
informasi baik melalui pembicaraan, tulisan maupun tanda-tanda (penyebaran).
b.
Definisi
yang menekankan persamaan arti
Contoh:
Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson (1979) yang mengatakan: “Komunikasi
adalah proses memahami dan berbagi makna”. Atau Howard Stephenson (1971)
yang mengatakan: “Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan komunikasi
dan juga efek komunikasi, dari seseorang atau kelompok kepada orang atau
kelompok lainnya”.
c.
Definisi
yang menekankan persuasi
Contoh:
Gerald R. Miller (1978) yang mengatakan: “Komunikasi terjadi ketika suatu
sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima, dengan niat yang disadari
untuk memengaruhi perilaku penerima”.
d.
Definisi
yang menekankan aspek tingkah laku
Contoh:
Raymond S. Ross (1974) menyebutkan: 1) Pesan komunikasi harus dapat menimbulkan
perhatian; 2) Pesan komunikasi dapat membangkitkan minat dan perhatian
pendengar; dan 3) Pesan komunikasi harus dapat mengemukakan argumentasi sebagai
pemecahan masalah yang dibicarakan. Komunikasi dapat dikatakan sangat berhasil,
apabila pengirim pesan mampu merubah tindakan komunikan (behavioral).
Komentar
Posting Komentar