Tentang ‘Bulan Terbelah di Langit Amerika Part 2’

www.google.co.id

Film layar lebar ‘Bulan Terbelah di Langit Amerika Part 2’, menurut saya termasuk kedalam film kategori berat untuk dicerna oleh kalangan awam. Namun, tergolong bermanfaat bagi mereka yang ingin memahami Islam secara lebih mendalam. Terutama menyangkut sejarah Islam dan perkembangannya di dunia. Menurut saya, film ini termasuk bagus untuk referensi ilmu pengetahuan, termasuk cara efesien untuk memahami Islam ditengah prasangka dunia padanya.
Setidaknya, dalam film ini terdapat tiga masalah besar dalam jalan ceritanya, yaitu: 1. Kisah Hanum yang berusaha mencari bukti tentang kebenaran muslim Cina, yang pertama kali menemukan benua Amerika daripada Christopher Columbus. Musabab, mereka mengalami penyiksaan di negaranya sendiri oleh Cina komunis pada saat itu. Pada akhir cerita, Hanum gagal membuktikannya, namun Hanum mendapatkan pelajaran yang lebih berharga dari itu; 2. Kisah Stephan yang berusaha membuktikan kepada Jasmine, bahwa ia adalah sosok laki-laki yang bertanggungjawab pada pasangan, maupun pada bayinya. Pada akhirnya, Stephan berhasil membuktikan komitmennya itu, dan mereka pun saling mencintai satu sama lain;
3. Kisah seorang nenek yang sulit menerima menantunya merupakan seorang muslim. Bahkan, ia menganggap putrinya telah menikah dengan seorang teroris, dan menjadi sumber duka baginya. Salah satunya dengan kepergian sang suami. Padahal, kepergian sang suami disebabkan oleh kebencian ibu kepada putri, menantu dan cucunya tersebut. Alhamdulillah, akhirnya sang ibu memahami ini, dan meminta maaf. Mereka pun hidup bahagia bersama seperti sedia kala. Berikut beberapa pelajaran yang saya ambil dari film ini, diantaranya:
1.     Tuhan itu jangan diletakkan di akal, tetapi juga di hati agar kita tenang. Gunakan hati kita, dengarkan hati kita. Sesungguhnya tanpa agama, hidup akan kocar-kacir, hampa dan berantakan.
2.     Setiap laki-laki bisa menjadi suami yang baik bagi istri, dan bapak yang hebat bagi anaknya. Asalkan, laki-laki tersebut tidak kebanyakan gengsi dalam menjalankan perannya. Nanti rugi sendiri J
3.     You can burn up our mosques, our homes and our schools, but our spirit will never die, we will not go down –Michael Heart. Memiliki agama dan iman adalah sebuah kebanggaan tersendiri, yang tidak ternilai harganya.
4.     Kebersihan adalah sebagian daripada iman –Hadist Nabi.
5.     Bulan yang terbelah karena kesalahpahaman, haruslah disatukan dengan satu keyakinan bahwa perbedaan bukanlah alasan untuk saling membenci.
6.     Mereka yang meyakini cita sejati itu ada, bukanlah mereka yang konyol
Mereka yang meyakini pendidikan dapat merubah kehidupannya menjadi lebih baik,
bukanlah mereka yang bodoh
Melainkan, mereka adalah orang-orang yang berani bercita-cita dalam hidup mereka
Sebagaimana kata Arai dalam Novel Edensor, “Bermimpilah (bercita-cita –red), karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi kita”.
7.     Dalam Islam, istri memang harus menghormati suami, tapi suami juga harus menjaga kehomatan istrinya.
8.     Terkadang, kesehatan hidup tidak hanya diraih melalui obat-obatan, melainkan juga melalui kebahagian hidup. Salah satunya adalah kebahagian dalam hidup berkeluarga.
9.     Tidak semua hal di dunia ini harus diukur dengan ukuran dunia.
Dan, berikut salah satu petikan puisi Sarah Collins dalam film ini, yang juga menarik perhatian saya.
“Harapan Satu-Satunya”
Aku berbisik pada angin pagi ini
tentang sebuah impian
dan harapan yang Aku tulis
dimana mata biru, rambut pirang
dan kulit segala warna bisa saling berbagi
Berbagi tawa, berbagi kehidupan

Aku menunjukkan pada angin pagi ini
tentang sebuah lukisan indah di sudut pikiranku
Sebuah cerita tentang dunia
tanpa kebencian atau tanpa perang 

Tak ada yang tersisa,
kecuali indahnya berbagi kebahagiaan
Aku ingin memeluk angin pagi ini, lagi
Memahat keyakinan atas sebuah harapan
Harapan sebuah dunia penuh kedamaian
dimana kita saling menyebarkan cinta dan kebahagiaan

Jangan pernah hapus harapanku
karena angin pembawa berita gembira
telah datang hari ini

Komentar

Postingan Populer