TANYA JAWAB SEPUTAR MATA KULIAH ETIKA PROFESI

 

sumber: www.google.co.id.

1.      Apa yang Adik-adik pahami tentang 11 Pasal dalam Kode Etik Jurnalistik?

Jawaban:

-          Agar wartawan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yaitu mencari dan menyajikan data. (Dian Felix Meidivo L. Tobing)

-          Yang saya pahami tentang 11 Pasal dalam Kode Etik Jurnalistik adalah tentang peraturan-peraturan yang harus dilaksanakan para wartawan dalam memberi informasi, dan mendapatkan informasi tentang sesuatu yang sedang terjadi. Pasal-pasal yang mencegah terciptanya sebuah hoax yang tidak diingikan. Media dan wartawan berpedoman pada etika profesi Pers. (Mei Elisabet Sibarani)

-          Yang saya ketahui tentang 11 Pasal dalam Kode Etik Jurnalistik yaitu wartawan tidak menyalahgunakan profesi, yaitu tidak mengambil keuntungan pribadi atas informasi yang diperoleh saat bertugas. (Cici Rama Dwiyanti)

-          Kita sangat membutuhkan 11 Pasal dalam Kode Etik Jurnalistik, dikarenakan dalam jurnalistik peraturan atau syarat yang harus dijaga atau tidak boleh dikerjakan sebagai jurnalistik, salah satunya membuat berita hoax, data diri korban yang tidak boleh ditampilkan yang membuat nama korban pelecehan seksuan/pemerkosaan atau keluarga korban merasa malu. (Muhammad Khadafi)

-          Pasal 11: Wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara professional. Di mana dalam pasal tersebut terdapat: 1) Hak Jawab: hak untuk memberikan tanggapan atas sanggahan terhadap pemberitaan. Baik itu perseorangan atau kelompok; 2) Hak Koreksi: Pers bertanggung jawab untuk membetulkan kekeliruan atas informasi yang disampaikannya secara proporsional alias berimbang. (Dwi Utami Amalia)

2.      Mengapa kode etik sangat penting bagi jurnalis dan etika profesi sangat penting bagi penulis dalam menghasilkan suatu karya?

Jawaban:

-          Pentingnya kode etik bagi jurnalis adalah untuk menjamin kemerdekaan pers, dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, serta pentingnya etika profesi bagi penulis adalah agar seorang penulis dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, tetapi juga harus memperhatikan tingkah laku dan sikap dalam menulis suatu karya, sehingga tidak merugikan pembaca. (Dian Felix Meidivo L. Tobing)

-          Agar berita bohong atau hoax tidak tersebar atau tidak tercantum di media masa. Seperti di media sosial begitu banyak dari situs yang tidak memiliki yang namanya etika profesi. Maka dari itu, kode etik itu penting. (Mei Elisabet Sibarani)

-          Karena dipergunakan untuk membedakan baik dan buruk, atau apakah perilaku profesi tersebut bertanggung jawab atau tidak. (Dwi Utami Amalia)

3.      Apa pelajaran berharga yang dapat Adik-adik petik dari kunjungan industri ke radio sindo trijaya medan fm? (bagi yang berhadir saja)

Jawaban:

-          Pembelajaran berhaga yang didapat dari kunjungan industi ke radio Sindo Trijaya Medan FM adalah kita menjadi tahu proses penyampaian informasi kepada masyarakat melalui sebuah radio, dan juga kita mengetahui perbedaan penyampaian berita melalui radio dengan media lainnya. (Dian Felix Meidivo L. Tobing)

-          Pelajaran beharga saya adalah di mana kita bisa mendapatkan informasi berharga tentang penyiaran radio dalam pemberitaan yang ada, terutama di Radio Sindo Trijaya sendiri. (Muhammad Khadafi)

-          Pelajaran yang paling berharga ialah mengetahui bagaimana sebuah perusahaan radio dalam meliput berita, birokrasi dan struktur di dalamnya. (Dwi Utami Amalia)

Komentar

Postingan Populer