TANYA JAWAB SEPUTAR MATA KULIAH PENULISAN PRODUK (BAG. 4)

 

sumber: www.bing.com.


1.     Sebutkan lima fungsi dari iklan?

Jawaban:

-    1. Memberikan pengetahuan kepada konsumen agar mereka sadar akan produk tersebut; 2. Memberikan bujukan-bujukan (persuasi) kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan; 3. Memberikan stimulasi-stimulasi kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan (kultivasi dan persistensi); 4. Memberikan nilai tambah produk dan memengaruhi persepsi (sudut pandang) konsumen; 5. Salah satu fungsi utama dari iklan adalah mendampingi atau manfasilitasi upaya-upaya perusahaan penyedia produk/jasa. (Mei Elisabet Sibarani)

-  1. Menginformasikan produk kepada publik; 2. Menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk; 3. Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu terhadap produk/jasa tersebut; 4. Menstimulasi (merangsang) pasar; dan 5. Mendukung komunitas bisnis. (Cici Rama Dwiyanti)

-  Menyampaikan identitas produk, menyampaikan informasi kepada publik, menyakinkan konsumen untuk membeli suatu produk/ jasa, memelihara konsumen dan menjaga citra (image) publik, menunjukan tren (gaya) baru. (Dian Felix Meidivo L. Tobing)

-  Iklan sebagai pemberi informasi, Iklan sebagai penyambung informasi, Iklan sebagai hiburan, Fungsi pemasaran, Fungsi ekonomi dan sosial. (Muhammad Khadafi)

-    1) Memberikan pengetahuan kepada konsumen agar mereka sadar akan produk perusahaan tersebut; 2) Iklan sebagai pemberi informasi; 3) Iklan sebagai penyambung komunikasi; 4) Iklan sebagai hiburan; dan 5) Meningkatkan pemasaran atau penjualan. (Dwi Utami Amalia) 

2.  Apa yang Adik-adik pahami tentang teori uses and gratifications, dan bagaimana pengaplikasiannya dalam pola pengonsumsian masyarakat terhadap suatu produk/jasa?

Jawaban:

- Teori Uses and Gratifications (Penggunaan dan Kepuasan). Teori ini dikembangkan oleh Blumler dan Kutz (1974). Mereka berpendapat, bahwa pengguna media memiliki peran aktif dalam memilih media yang digunakannya. Sehingga, pengguna media dapat dikatakan sebagai pihak utama dalam suatu proses komunikasi. Dalam hal ini, pengguna mempunyai pilihan untuk menentukan media yang sesuai dengan kebutuhannya. Uses and Gratifications menganggap manusia aktif dan selektif dalam menggunakan media, sebagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Studi didalam bidang ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratifications). (Muhammad Khadafi)

3.   Bagaimana karakteristik masyarakat menurut teori uses and gratifications?

Jawaban:

-    Pendekatan uses and gratifications memberikan kekuasaan pada khalayak untuk memutuskan media mana yang akan dipilih atau dikonsumsi. Khalayak (audience) memiliki peran aktif dalam melakukan interpretasi (pemaknaan) dan mengintegrasikan (menyatukan) media ke dalam kehidupannya. (Dwi Utami Amalia)

Komentar

Postingan Populer