TANYA JAWAB SEPUTAR MATA KULIAH PENULISAN PRODUK (BAG. 4)
sumber: www.bing.com. |
1. Sebutkan
lima fungsi dari iklan?
Jawaban:
- 1. Memberikan pengetahuan kepada
konsumen agar mereka sadar akan produk tersebut; 2. Memberikan bujukan-bujukan
(persuasi) kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan; 3. Memberikan
stimulasi-stimulasi kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk
yang diiklankan (kultivasi dan persistensi); 4. Memberikan nilai tambah produk
dan memengaruhi persepsi (sudut pandang) konsumen; 5. Salah satu fungsi utama
dari iklan adalah mendampingi atau manfasilitasi upaya-upaya perusahaan
penyedia produk/jasa. (Mei
Elisabet Sibarani)
- 1. Menginformasikan produk kepada publik; 2. Menarik perhatian konsumen
terhadap suatu produk; 3. Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan
sesuatu terhadap produk/jasa tersebut; 4. Menstimulasi (merangsang) pasar; dan
5. Mendukung komunitas bisnis. (Cici Rama Dwiyanti)
- Menyampaikan identitas produk, menyampaikan
informasi kepada publik, menyakinkan konsumen untuk membeli suatu produk/ jasa,
memelihara konsumen dan menjaga citra (image)
publik, menunjukan tren (gaya) baru. (Dian
Felix Meidivo L. Tobing)
- Iklan sebagai pemberi informasi, Iklan sebagai penyambung informasi,
Iklan sebagai hiburan, Fungsi pemasaran, Fungsi ekonomi dan sosial. (Muhammad
Khadafi)
- 1) Memberikan pengetahuan kepada konsumen agar mereka sadar akan produk
perusahaan tersebut; 2) Iklan sebagai pemberi informasi; 3) Iklan sebagai
penyambung komunikasi; 4) Iklan sebagai hiburan; dan 5) Meningkatkan pemasaran
atau penjualan. (Dwi Utami Amalia)
2. Apa
yang Adik-adik pahami tentang teori uses
and gratifications, dan bagaimana pengaplikasiannya dalam pola
pengonsumsian masyarakat terhadap suatu produk/jasa?
Jawaban:
- Teori
Uses and Gratifications (Penggunaan
dan Kepuasan). Teori ini dikembangkan oleh Blumler dan Kutz (1974). Mereka
berpendapat, bahwa pengguna media memiliki peran aktif dalam memilih media yang
digunakannya. Sehingga, pengguna media dapat dikatakan sebagai pihak utama
dalam suatu proses komunikasi. Dalam hal ini, pengguna mempunyai pilihan untuk
menentukan media yang sesuai dengan kebutuhannya. Uses and Gratifications menganggap manusia aktif dan selektif dalam
menggunakan media, sebagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Studi didalam
bidang ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratifications). (Muhammad
Khadafi)
3. Bagaimana
karakteristik masyarakat menurut teori uses
and gratifications?
Jawaban:
- Pendekatan uses and gratifications memberikan
kekuasaan pada khalayak untuk memutuskan media mana yang akan dipilih atau
dikonsumsi. Khalayak (audience)
memiliki peran aktif dalam melakukan interpretasi (pemaknaan) dan
mengintegrasikan (menyatukan) media ke dalam kehidupannya. (Dwi
Utami Amalia)
Komentar
Posting Komentar