TANYA JAWAB SEPUTAR MATA KULIAH ETIKA PROFESI (BAG. 4)
sumber: www.bing.com. |
1. Apa
dampak buruk, motif, ciri-ciri, serta bagaimana solusi atas pemberitaan atau
tulisan yang mengandung kebohongan serta ujaran kebencian?
Jawaban:
*
Dampak dan Motif serta Solusi
- Dampak
buruk yang dialami tentunya membuat orang difitnah atau di-bully akan menjadi stress, karena selalu dipikirkan olehnya. Bahkan,
dapat mengakibatkan struk ringan dan menjadi gila, karena pemberitaan yang
dialaminya. Pencegahannya adalah mengurangi yang namanya pemakaian media sosial
(detoksifikasi media –red), karena dari situ adalah salah satu sumber terbesar.
(Mei Elisabet Sibarani)
- Dampak buruk yang ditimbulkan dari tulisan yang mengandung kebohongan
adalah masyarakat menjadi terpecah belah, karena sudah mempercayai berita
hoaks. biasanya motif pelaku ingin menyebarluaskan tulisan tersebut, karena
tidak pro mengenai isu tertentu. Solusinya adalah sebagai pembaca bijak harus
memilah dan memilih tulisan yang hendak dibaca, sebagai upaya dalam mencari kebenaran
tulisan yang sudah disebarluaskan. (Dwi Utami Amalia)
- Pertama, sekolah
berperan dalam mensosialisasikan bahaya ujaran kebencian dan berita informasi buruk atau bernada kebencian.
Apalagi ikut menyebarkannya atau membuat status di media sosial, sebab
perbuatan itu akan menjerat pelakunya dengan bohong di kalangan pelajar.
Seluruh perangkat sekolah agar tidak mudah menerima seuatu informasi.
- Kedua, perlu
diselenggarakannya kegiatan seminar/workshop
yang mengantisipasi seluruh masyarakat lintas usia, agar bijak menggunakan
media sosial. Sekaligus memperluas wawasan mahasiswa terkait dengan kemajuan
media.
- Ketiga, mengantisipasi
berita hoax mulai dari diri sendiri,
seperti bisa membedakan berita yang mis-informasi dan dis-informasi. Sebab,
salah satu upaya untuk menepis berita hoax
sangat bergantung pada cara seseorang merubah pola pikirnya lebih baik, dan
tidak gampang menerima informasi tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih
dahulu. (Dian Felix Meidivo L. Tobing)
- Sekolah, karena sekolah berperan dalam
mensosialisasikan bahaya ujaran kebencian dan berita bohong di kalangan
pelajar. Seluruh perangkat sekolah agar tidak mudah menerima informasi buruk
atau bernada kebencian.
- Perlu diselenggarakan workshop/seminar yang mengantisipasi seluruh masyarakat lintas
usia, agar bijak menggunakan media sosial.
- Mengantisipasi berita hoaks mulai dari diri
sendiri, seperti bisa membedakan berita yang mis-informasi dan dis-informasi. (Cici Rama Dwiyanti)
2. Mengapa
pemberitaan dan/atau informasi di media massa arus utama lebih teruji
kebenarannya ketimbang informasi yang tersebar di media sosial? Jelaskan dari
segi/aspek struktural dan karakteristik/sifat masing-masing media!
Jawaban:
- Karena media massa teruji dalam melaporkan berita; sifatnya cenderung faktual; karena memiliki sumber yang jelas; dan karena langsung berinteraksi dengan orang-orang; serta media massa berpegang dengan sebuah etika. Sedangkan media sosial tidak adanya pegangan dalam etika, karena media sosial sifatnya pribadi. (Mei Elisabet Sibarani)
Komentar
Posting Komentar