TANYA JAWAB SEPUTAR MATA KULIAH PENULISAN PRODUK (BAG. 5)

sumber: www.bing.com


1.     
Jelaskan perbedaan di antara influencer dan endorser! Sertakan contohnya!

Jawaban:

- Endorser yaitu yang memiliki peran besar untuk memengaruhi atau meyakinkan banyak orang supaya bisa tertarik dengan produk yang mereka promosikan. Mereka secara tidak langsung memengaruhi pengikut (followers) untuk membeli atau memakai produk/jasa tersebut. Cara mereka meyakinkan para pengikut juga beragam. Mulai dari foto, video hingga kegiatan me-review. Terkadang setiap perusahaan produk/jasa secara professional menjalin kerja sama dengan para endorser dalam upaya mempromosikan suatu produk/jasa (Cici Rama Dwiyanti)

Endorser memengaruhi audience dengan beragam bentuk interaksi. Endorser sendiri tak serta-merta harus expert (ahli) tentang produk yang ia bahas. Asalkan ia paham bagaimana mempromosikan dan menggiring pendapat pengikutnya. Endorser sendiri memiliki arti melakukan untuk memberikan sesuatu. Cara kerja endorsement adalah pebisnis memberikan produk untuk kemudian dipromosikan oleh endorser. Contohnya adalah (Dwi Utami Amalia)

2.  Sebutkan tiga level dampak yang dapat ditimbulkan oleh sebuah iklan kepada khalayak?

Jawaban:

-   Tiga level dampak yang dapat ditimbulkan oleh sebuah iklan kepada khalayak ialah: limited (terbatas); moderate (sedang); dan powerfull (sangat memengaruhi). (Cici Rama Dwiyanti)

-   Iklan membentuk persepsi tertentu, iklan membuat masyarakat berperilaku konsumtif, dan iklan secara tidak langsung membentus identitas/citra (image) diri mereka sebagai manusia modern. (Dwi Utami Amalia)

3.   Apa itu iklan? Jelaskan dan berikan contohnya!

Jawaban:

-   Iklan adalah media untuk menyampaikan penawaran sebuah produk atau jasa yang bersifat persuasif (mengajak/memengaruhi) melalui media masaa. Contohnya: iklan komersial atau iklan niaga, poster[1], reklame[2], baliho[3]. (Mei Elisabet Sibarani)

-   Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk dan ide yang ditujukan kepada sebagian besar masyarakat. Contoh: took online seperti Lazada. Shoppee dan sebagainya.


[1] Plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). (KBBI)

[2] Pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar) supaya laku. (KBBI)

[3] Publikasi yang cukup besar ukuran gambarnya agar menarik perhatian masyarakat, dan biasanya berlokasi di tempat-tempat ramai (KBBI)

Komentar

Postingan Populer