TANYA JAWAB SEPUTAR MATA KULIAH ETIKA PROFESI

 

sumber: www.bing.com.

1.   Mengapa independensi dan kepercayaan publik mesti dijaga oleh jurnalis dan penulis dalam menghasilkan suatu karya?

Jawaban:

-     Supaya wartawan bertanggung jawab dalam menjalakan profesinya. (Mei Elisabet Sibarani)

-  Karena seorang penulis atau jurnalis sangat penting dalam perannya menginformasikan pemberitaan. (Cici Rama Dwiyanti)

-    Karena independensi dan kepercayan sangat memiliki pengaruh besar, jika telah melanggar kedua hal tersebut, maka yang ditimbulkan adalah ketidakpercayaan publik terhadap seorang jurnalis atau penulis. Adagium menyebutnya “if you lie, you die” (jika kamu berbohong, kamu mati). (Dwi Utami Amalia)

2.   Apa pelajaran berharga dan materi yang dapat Adik-adik petik dari kegiatan webinar bersama Produser DAAI TV Medan, Khairiah Lubis, S.Sos? (bagi yang berhadir saja)

Jawaban:

-      Pembelajaran berharga yang didapat dari kegiatan webinar bersama Produser DAAI TV Medan adalah betapa berpengaruhnya media bagi masyarakat, dan jenis-jenis media apa saja yang digunakan untuk memuat suatu berita atau informasi. (Dian Felix Meidivo L. Tobing)

-    Yang saya dapat dalam webinar kemarin ialah tentang apa saja sebenarnya jenis media itu, fungsi-fungsinya, dan pasal apa saja yang berlaku pada media. (Mei Elisabet Sibarani)

-    Pelajaran berharga yang dapat saya petik, yaitu: jurnalis tidak boleh menyebarkan berita bohong, fitnah, sadis dan cabul diartikan sebagai suatu berita yang sudah diketahui sebelumnya oleh wartawan sebagai hal yang tidak sesuai dengan fakta yang terjadi. Sedangkan, khusus penyebaran berita bohong yang dilakukan oleh lembaga penyiaran diatur dalam Pasal 36 ayat (5) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran yang menyebutkan: “Isi siaran dilarang: a. bersifat fitnah, menghasut, menyesatkan dan/atau bohong”. (Cici Rama Dwiyanti)

3.   Apa harapan Adik-adik akan kemajuan media massa ke depannya? Terutama dalam fungsinya untuk menginformasikan, mendidik, dan memberikan hiburan yang sehat kepada masyarakat, serta kontrol dan perekat sosial guna terciptanya transparansi dalam hal berbangsa dan bernegara?

Jawaban:

-   Harapan saya untuk media massa kedepannya ialah supaya menampilkan atau memuat berita yang lebih faktual, agar tidak menciptakan hoax lebih banyak lagi di negara. Membuat sumber beritanya lebih terpapar jelas dan transparan. (Mei Elisabet Sibarani)

-     Semoga media massa tetap ada seperti koran, walaupun di zaman sekarang media massa tidak begitu penting, tetapi di satu sisi kita tidak boleh melupakan koran, karena dahulu kita menggunakan koran/radio untuk mengetahui suatu informasi. (Cici Rama Dwiyanti)

-  Ke depannya diharapakan media massa lebih mengutamakan informasi yang real/riil/fakta yang sebenarnya, serta tidak mengadu domba masyarakat. (Dwi Utami Amalia)

Komentar

Postingan Populer