BIDANG KAJIAN DAN PERAN MEDIA DALAM KOMUNIKASI
sumber: www.google.co.id. |
Bidang
Kajian Komunikasi:
Komunikasi
sosial, komunikasi organisasi, komunikasi pembangunan, komunikasi bisnis,
komunikasi pemasaran, komunikasi lintasbudaya (ethnografi), komunikasi politik,
komunikasi kesehatan (terapeutik), komunikasi pariwisata, komunikasi administrasi,
komunikasi pelayanan publik, komunikasi media sosial, komunikasi massa,
komunikasi pendidikan, komunikasi persuasif, komunikasi instruktif, komunikasi
interpersonal, komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi
lingkungan, komunikasi tradisional, komunikasi intra/antaretnis (ethnografi
komunikasi), komunikasi gestural, jurnalistik (cetak, elektronik, radio, TV, online dll), hubungan masyarakat (public
relations), periklanan, publisitas (publicity), propaganda, opini publik,
broadcasting, komunikasi keluarga, komunikasi olahraga, dll.
Peran
Media dalam Komunikasi:
Pertama, Secara Umum: 1) Penyampai informasi; 2)
Penyalur aspirasi; 3) Penghubung pemerintah dan rakyat; 4) Umpan balik; 5) Sosialisasi;
dan 6) Kontrol sosial.
Kedua, Secara Khusus: 1) Pembentuk opini
publik; 2) Pengalih isu; 3) Branding atau pencitraan; 4) Dialog; dan 5) Akses
aspirasi secara cepat.
Komentar
Posting Komentar