PENGETAHUAN DASAR ILMU KOMUNIKASI

sumber: www.google.co.id
Komunikasi ialah suatu proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung makna dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan saluran atau media tertentu dan dengan maksud tercapainya suatu tujuan tertentu. Berikut beberapa definisi Ilmu Komunikasi menurut para ahli:

  1. Everet M. Rogers menyatakan, komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Pengantar Ilmu Komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc) (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, 2005, hal 62, Dedy Mulyana).
  2. Rogers & D. Lawrence Kincaid, 1981, komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam (Pengantar Ilmu Komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc).
  3. Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh-mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi yang menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi (Pengantar Ilmu Komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc).
  4. David K. Berlo, 1965, Ilmu Pengantar Komunikasi, komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat (Pengantar Ilmu Komunikasi, 1998, hal. 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc).
  5. Raymond S. Ross, komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, 2005, hal 62, Dedy Mulyana).
  6. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri, komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami (Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan, 2003, hal. 49. Bernard Berelson & Gary A. Steiner, (Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, 2005, hal. 68).
  7. Berelson & Gary A. Steiner, (Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, 2005, hal 68), komunikasi: transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi. 
  8. Harold D. Lasswell mengatakan untuk memahami komunikasi dapat dilakukan dengan mengajukan lima pertanyaan yaitu: who, says what, in which channel, to whom, with what effect. Dari pengertian ini diperoleh unsur-unsur komunikasi (pelajari unsur-unsur komunikasi), yaitu: Who (Komunikator): Siapa; Says What (Pesan/Message): Berkata apa; in Which Cahnnel (Saluran): dengan saluran apa; to Whom (Komunikan):  Kepada siapa; dan with What Effect (Efek): dengan efek yang bagaimana.

Komentar

Postingan Populer