MEDIA KOMUNIKASI DAN FUNGSINYA


sumber: www.google.com.
Apa itu media komunikasi? Media komunikasi ialah seluruh sarana yang digunakan untuk memproduksi, mereproduksi, menyalurkan atau menyebarkan dan juga menyajikan informasi. Media komunikasi terdiri dari: a) Media cetak; b) Media elektronik; c) Media luar ruang; dan d) Media internet (Media sosial dan Media online).

Fungsi Media Komunikasi, yaitu: 1) Efektifitas, yakni sebagai sarana mempermudah penyampaian informasi; 2) Efisiensi, yakni sebagai sarana mempercepat penyampaian informasi; 3) Konkrit, yakni sebagai sarana membantu mempercepat pemahaman isi pesan media yang bersifat abstrak; dan 4) Motivatif, yakni sebagai sarana untuk membangkitkan semangat berkomunikasi.

Secara teknis, fungsi media komunikasi: 1) Alat produksi; bermanfaat sebagai penghasil berbagai macam informasi, seperti komputer/PC pengolah kata (word processor); 2) Alat reproduksi; bermanfaat untuk mencetak ulang dan menggandakan informasi, seperti: audio, tapes recorder, serta video tapes; 3) Alat penyampaian informasi; berdayaguna untuk dipakai menyebarluaskan serta menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasarannya, seperti handphone, telephone, faximile, dan lain-lain.

Komentar

Postingan Populer