DO’A TANPA AMAL = OMONG DOANG!

                                                                                 http://3.bp.blogspot.com
Ada sebuah hadis Nabi Muhammad SAW yang menyiratkan bahwa manusia tidak boleh melupakan penghidupannya di dunia. Tapi, juga tidak boleh terlalu terlena sehingga lupa tujuan utama, yaitu penghidupan yang lebih baik dan kekal nantinya di akhirat. Hadist tersebut berbunyi: “Bekerjalah seolah-olah engkau akan hidup selamanya, tapi juga beribadahlah kepada Allah seolah-olah engkau akan mati besok”. Dari hadist ini tahulah kita bahwa hidup mesti sinkron, mesti balance, mesti seimbang antara dunia dan akhirat. Jadi tidak boleh timpang alias berat sebelahnya saja. Tidak boleh!
Namun pada kenyataannya, manusia lebih menyenangi perkara dunia dan kurang sreg dengan kata-kata “akhirat”. Bahkan, ada pameo sesat yang mengatakan, “Alah nanti aja lah tobatnya pas uda tua!”. Na’udzubillahi min dzalik! Padahal, perkara umur hanya Allah yang tahu. Bisa saja dia lebih dulu mati sebelum sempat meminta ampunan-Nya. Maka, tampaknya kita tidak hanya dituntut untuk cakap dalam berdo’a selepas shalat. Tapi juga berusaha mewujudkan isi do’a tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.
Rabbana atina fid dun ya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzabban nar,” adalah salah satu do’a favorit yang sering kita baca. Do’a yang terkenal dengan sebutan “Do’a sapu jagad ini” sejatinya memiliki makna yang sangat dalam, yaitu: “Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan kebaikan di akhirat, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka”. Kalau ditanyakan seberapa fasih kita dalam membaca do’a ini, maka anak TK/TPA pun lebih fasih dari papa-mamanya di rumah. Tapi, adakah usaha kita untuk menjadi baik di dunia, sehingga terhindar dari siksa api neraka di akhirat nanti? Atau hanya sekedar berdo’a saja/ Inilah yang dimaksud belajar tanpa buku = omong kosong, berdo’a tanpa amal = omong doang!
Di bulan ramadhan yang suci ini, semestinya dapat menjadi ajang untuk mengamalkan do’a-do’a yang kerap kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Contohnya seperti do’a sapu jagad diatas. Maka, dalam menjalankan ibadah puasa ini, kita buktikan bahwa kita benar-benar berbuat kebajikan. Seperti rajin shalat 5 waktu berjama’ah di mesjid, gemar melakukan qiyamul lail (tarawih dan witir), tadarus (belajar Al-Qur’an) serta juga berinfaq, menyediakan makanan bagi mereka yang berbuka atau bersedekah kepada mereka yang kurang mampu.
Semoga di bulan dimana pahala dilipatgandakan ini, menjadi pelecut bagi kita untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Agar do’a yang kerap kita pinta tidak hanya tergantung di bibir saja, tapi langsung diijabah oleh Allah yang Maha Pengasih.
***
TIPS MENDAPAT KASIH-NYA
                                                                                    http://studmonk.com
Ada 4 golongan manusia yang akan mendapatkan keridhoan serta kasih sayang dari Allah SWT:
1.      Orang-orang yang mengamalkan ilmunya,
2.      Orang-orang yang hajinya mabrur,
3.      Orang-orang yang syahid di jalan Allah,
4.      Orang-orang yang mencari harta secara halal, dan membelanjakannya di jalan Allah.[]
***
MENGUKUR KADAR KEIMANAN SESEORANG
                                                                                                          upload.wikimedia.org
Berdasarkan Surah Al-Anfal ayat 2, dapatlah kita ketahui ada beberapa kriteria orang-orang yang “beriman”:
1.      Mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya,
Contoh: Ditengah perjalanan pulang ke kampung halaman, tiba-tiba suara adzan berkumandang. Tanda bahwa salah satu waktu shalat telah tiba. Lantas, tergerak hati kita untuk menghentikan sejenak perjalanan dan menunaikan panggilan-Nya.
2.      Apabila dibacakan ayat Al-Qur’an kepada mereka bertambah (kuat) imannya,
Contoh: Di Indonesia, masyarakat muslim biasanya memperingati peristiwa Nuzulul Qur’an (turunnya Al-Qur’an) pada 17 ataupun 21 Ramadhan. Alangkah lebih baik jika momentum tersebut bukan hanya untuk sekedar diperingati, tapi juga menjadi tolok ukur sudah sejauh mana kita mengamalkan ajaran yang terdapat di dalamnya.
3.      Hanya kepada Tuhan mereka bertawakkal.   

Contoh: Hanya berpasrah kepada Allah semata. Tawakkal juga bisa diwujudkan dalam bentuk syukur atas segala nikmat yang telah dianugerahkan dan tidak kufur (ingkar) atas nikmat tersebut. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer