TARAWIH: SEBUAH FENOMENA DI BULAN RAMADHAN

                                                                                      i.ytimg.com

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada pada bulan ramadhan saja. Ini merupakan fenomena yang unik, karena tarawih mampu mendorong orang untuk berduyun-duyun datang ke mesjid. Ada yang mengerjakan 23 rakaat, adapula yang 11. Semua mereka lakukan semata-mata untuk menimbun pahala di bulan pembakar dosa ini.

Sebagaimana yang umat muslim pahami, shalat adalah tiang agama. Barang siapa mendirikan shalat berarti ikut mendirikan agama. Begitupula sebaliknya, tidak mendirikan shalat berarti ikut merubuhkan agama. Masyarakat muslim yang berbondong-bondong menunaikan ibadah khusus ini, secara tidak langsung telah mencitrakan Islam sebagai suatu kekuatan yang bersumber dari banyaknya jamaah.

Jika jama’ah Islam sedikit, itu menandakan pula bahwa sendi-sendi pondasi Islam telah melemah. Oleh karena itu, fenomena tarawih setahun sekali ikut berperan serta membangkitkan semangat muslim untuk mengejar pahala, yang mungkin sebelumnya telah meredup seiring dengan datangnya kemalasan.

Alhasil, perkara yang sering diributkan seperti 23 rakaat atau 11, mestinya tidaklah menjadi soal. Sebab yang terpenting ialah didalam shalat itu terdapat kekhusyukan, dan adanya kenyamanan dalam beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, mari pula kita tingkatkan kerajinan kita dalam berinfaq dan bersedekah. Meskipun hukum mengamalkan keduanya adalah sunnah, namun tentunya bakal mendapatkan ganjaran pahala yang tiada terkira dari Allah SWT. Wallahu ‘alam bish shawab.

Komentar

Postingan Populer