MENJELANG LEBARAN (BAGIAN 1)

                                                                                    http://jokowarino.id
Kau jual hatimu padaku, dengan sungging senyum manismu. Ku lumat habis bibirmu siang itu, kau berpasrah seperti rindu dicumbu. Kau pun telah sah menjadi milikku, maka jangan coba-coba buatku cemburu. Atau aku muntab, atau aku murka. Ku juga bisa pergi meninggalkanmu.
Di pagi buta, dering telponku berbunyi. Kudengar desah suaramu di ujung sana, kau bertanya, “Kapankah abang kembali?”. Rasaku kupergi baru sehari saja. Jika kau rindu cukup nyalakan tv, maka dengarkanlah aku bernyanyi lagu cinta. Jika kau rindu cukup buka buku puisiku, puisi yang kukarang hanya untukmu.
Sekali waktu, kau telpon lagi aku, “Bang, aku belum punya baju lebaran?”. Dan kujawab, “Sabarlah, sayangku”. Abangmu kini sedang mengejar promosi, abangmu kini merangkap penjaga toko. Abangmu kini sedang memburu baju-baju lebaran yang diskon harga. Tapi, tentunya yang tak murahan untukmu, sayangku.
***
MENJELANG LEBARAN (BAGIAN 2)
                  
                                                                                      http://image-serve.hipwee.com
                           
Abang, tidakkah kau pulang lebaran ini? Tidakkah kau rindukan keluargamu. Ayah, ibu, dan kami adik-adikmu. Abang, tidakkah kau pulang lebaran ini? Mencicipi rendang lezat ibu, atau ketupat-ketupatnya. Abang, apa sih yang kau kejar disana? Mimpi ataukah cita-cita, harta ataukah tahta. Atau kau ingin semua ditambah seorang wanita.
Abang, ibu kini suka menonton tv. Berharap abang muncul di layar kaca. Membaca berita, atau meliputnya. Atau jangan-jangan, abang telah menjadi korban keganasan demonstran. Abang, kami membutuhkanmu, menginginkanmu, merinduimu. Allah jagalah ia selalu. 

***     
PINTA SUAMI, KELUH ISTRI
                                                             http://www.ukhtiindonesia.com

Suami:
            Aku suamimu, dan engkau istriku. Dulu aku hina-dina, bersamamu kujadi mulia. Tolong atur hidupku yang kacau ini. Tolong sisir rambutku ke samping sebelah kiri. Jika ada kamu ku selalu tampil rapi, bersih dan disegani. Tolong ikatkan dasiku, atau tak kunaikkan uang belanjamu.
Tolong juga keringkan rambutmu yang basah itu, atau akan banyak nyamuk bersarang diatas sana. Jangan pernah tampil tak cantik didepanku. Ku tak ingin lihat ada bekas hitam wajan di muka dan badanmu. Buka puasa nanti kita akan ke luar. Tolong kenakan gaun yang kubeli tadi, berhiaslah secantik-cantiknya. Oya aku lupa, waktu tidur nanti jangan sekali-kali memunggungiku, namun tataplah mataku lekat-lekat sampai kau terlelap.
Istri:
Kau pinta aku ini dan itu. Ku tak tahu lagi apa statusku sebenarnya. Istrimu ataukah babumu? Kau pinta aku ini dan itu. Jika salah kau marahi aku, jika benar pernah kau puji aku? Benar-benarkah aku pembantumu? Aku rindu masa-masa itu, saat kau curi hatiku. Bahkan, sampai kutinggalkan pacarku yang dulu. Semuanya demi kamu.
Sekarang, persetan dengan semua permintaanmu! Aku lelah dengan semua ini! Biarkan aku pergi sejenak! Ingin kujumpai teman-temanku di luar kota. Ingin juga kutemui pacarku yang dulu. Sudahkah dia menikah atau masih menungguku? Aku memang telah benar-benar berdosa mengkhianati cintanya. Oya, aku akan kembali jika hatiku telah membaik. Atau jika tidak kunjung membaik. Jangan salahkan aku! Mungkin aku akan minta cerai darimu![]

Komentar

Postingan Populer