APA ITU HIPERHIDROSIS?

www.aryanto.id

Munculnya keringat merupakan mekanisme normal dari dalam tubuh sebagai upaya untuk mendinginkan diri. sedangkan gejala keluarnya keringat dari dalam tubuh secara berlebih disebut dengan istilah Hiperhidrosis. Hal itu terjadi dikarenakan setelah melakukan aktivitas atau kegiatan yang menggunakan tenaga. Sehingga berkeringat sebagai upaya dalam mendinginkan diri. Hanya saja dalam kasus ini, penderita Hiperhidrosis memiliki kelenjar keringat yang overaktif. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh berkeringat, meski berada pada kondisi yang tidak diperlukan. Namun, tentu saja, merupakan suatu hal yang sangat normal, dan tidak menunjukkan gejala kesehatan pada tubuh manusia, kecuali pada beberapa indikasi lain. Berikut beberapa penyebab keringat berlebih:
1.    Pengaruh kondisi psikologis
Ketika otak merasa terancam dan timbul rasa cemas, bahkan rasa tidak aman, maka kelenjar keringat akan memproduksi keringat dalam kapasitas yang lebih banyak dari biasanya. Stres secara emosional, malu juga dapat memicu aktivitas kelenjar keringat.
2.    Respon tubuh
Ketika tubuh melakukan aktivitas berat, seperti olahraga misalnya, maka kelenjar keringat akan terproduksi secara alami.
3.    Kelebihan berat badan
Orang yang mengalami kelebihan berat badan mudah untuk berkeringat lebih banyak.
4.    Makanan atau minum tertentu
Makanan pedas, minuman panas atau minuman yang mengandung kafein, dan alkohol dapat membuat kita berkeringat.
5.    Demam
Ketika suhu badan naik, dan akan kembali ke normal, bisa disertai dengan keringat berlebihan.
Tentu keringat berlebih tersebut terkadang dapat membuat seseorang kurang nyaman, runtuhnya rasa percaya diri, dan membuat orang lain terganggu. Oleh karena itu, berikut beberapa cara menanggulangi penyebab keringat berlebih, diantaranya:
1.    Kenakan pakaian dari bahan yang sejuk dan menyerap keringat.
2.    Jaga lingkungan tetap sejuk dan memiliki ventilasi yang baik.
3.    Kurangi stres, kecemasan dan masalah emosi lain yang dapat memicu kenaikan produksi keringat.

Komentar

Postingan Populer