CINTA TANPA KENAL NAMA (Resensi Film Kimi No Na Wa)

google.co.id
Entah bagaimana rasanya, jika kita mencintai seseorang tanpa pernah mengenal namanya. Dan, entah bagaimana pula rasanya, jika setiap kali kita terbangun, maka kita berada di tubuh orang yang berbeda. Saya pikir ini rumit, tapi ini pula yang menjadi nilai jual dari film anime Jepang “Kimi No Na Wa”. Unik!
Film ini bercerita tentang Mitsuha dan Taki yang berbeda jarak, ruang dan waktu. Tapi seolah memiliki keterikatan satu sama lain. Mulanya, seorang perempuan bernama Mitsuha itu ingin sekali meninggalkan kampungnya dan pergi ke Tokyo. Lantaran bosan dengan ritual adat di kampungnya, dan kerap dicemooh oleh teman-teman sekelasnya. Anehnya, keinginan itu menjadi kenyataan. Kala terbangun di keesokan harinya ia telah berada di sebuah kamar yang bertempat di Tokyo, dalam wujud fisik laki-laki! Mitsuha yang tinggal di Itomori bertukar tubuh dengan Taki yang tinggal di Tokyo, dan sebaliknya.
Saya memang pernah menonton film yang bertema sama, yakni perpindahan satu tubuh ke tubuh yang lain. Tapi kali ini, film Kimi No Na Wa berhasil mengaduk-aduk perasaan saya! Oleh karena itu saya bilang, bagaimana jadinya jika hal seperti ini terjadi pada kita? Tentu bakal sangat membingungkan!
Walhasil, Mitsuha dan Taki sama-sama berusaha untuk beradaptasi dengan apa yang mereka alami. Mereka pun saling memberikan note (catatan) untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Pada scene ini saya kerap tersenyum-senyum sendiri, saat melihat tingkah Mitsuha di tubuh Taki dan Taki di tubuh Mitsuha. Contohnya saat Taki yang terheran-heran tubuhnya memiliki payudara, dan beberapa kali meremasnya. Hahaha. Atau saat Mitsuha dalam tubuh Taki yang menjahitkan rok dengan motif bunga-bunga. Gaya duduk mereka pun menandakan bahwa tubuh mereka tengah didiami oleh jiwa yang tertukar.
Tentu Taki dan Mitsuha tak mau berlama-lama dalam situasi yang misterius ini. Taki pun memutuskan untuk mencari tahu siapa Mitsuha sebenarnya? Dimana ia berada? Untuk itu, Taki mengumpulkan berbagai gambaran yang diingat selama ia berada di tubuh Mitsuha. Lantas, apa yang terjadi? Bisakah Taki bertemu dengan Mitsuha? Ditonton ya, hehe. Yang pasti film ini tidak akan mudah dipahami, jika tidak menontonnya sampai selesai.
Sebagaimana dikutip dari www.kumpaman.com: “anime film ini mampu menjadi block buster dan merajai puncak box office Jepang selama sembilan minggu berturut-turut, mengalahkan anime film legendaris dari studio Ghibli (Howl’s Moving Castle), serta didaftarkan dalam nominasi Academy Award ke-89”.     

Komentar

Postingan Populer