HABIS UN, KONVOI PULA

Masih jelas terngiang di benak kita, saat sekumpulan siswi baru selesai UN memarahi seorang anggota polisi, saat mobil mereka yang digunakan untuk konvoi diberhentikan oleh petugas. Lucunya lagi, salah seorang siswi cantik berambut panjang marah-marah sambil mengaku sebagai anak jenderal. “Oke Bu, aku enggak main-main ya, kalau sampai fotoku masuk koran, aku tandai ibu. Aku anak Arman Depari,” katanya sambil menunjuk-nunjuk polwan tersebut, sebagaimana saya kutip dari Tribunnews.com (6/4/2016). Padahal, Arman Depari yang diakui sebagai ayahnya itu mengatakan bahwa ia tidak pernah punya anak perempuan. Oalah, hehehe. Sekarang nasib perempuan itu sedikit mujur, ia telah diangkat menjadi duta apa gitu. Mungkin, hal ini dilakukan guna menyelamatkan psikologis anak tersebut.
Bagaimanapun juga konvoi anak-anak SMA cukup rentan dan berbahaya. Selain daripada psikologis mereka yang masih mencari jati diri, konvoi dan corat-coret baju bukanlah budaya yang harus begitu dilestarikan. Musabab, bagaimanapun juga masih banyak anak-anak kita di luar sana yang sulit untuk mendapatkan sepasang baju putih abu-abu. Lagipula konvoi semacam ini rentan terjadinya kecelakaan, apalagi tidak ada surat-menyurat dengan polisi, dan biasanya dilakukan dengan aksi bak belakang mobil terbuka, dan anak laki-laki yang berdiri di atas motor. Amat berbahaya.

Selain itu, budaya ini merujuk kepada budaya hedon, hura-hura, dan seolah pendidikan yang ditempuh selama ini hanyalah beban semata. Dalam hal ini, kita tidak boleh hanya berpangku tangan terhadap polisi untuk menindak mereka, namun para orangtua memiliki tanggungjawab untuk memberikan pemahaman secara baik dan benar. Saya pikir meluapkan segala kenangan yang terjadi selama di SMA bukanlah dengan cara yang membuat masyarakat sekitar khawatir, apalagi membuat arus lancar lalu lintas terganggu. Ada banyak cara kreatif dan unik untuk meluapkan perasaan nano-nano tersebut. Walhasil, bukanlah konvoi yang dipikirkan, tapi masa depanmu wahai anak muda, hendak kau lanjutkan kemana?

Komentar

Postingan Populer