SELAMAT HARI KARTINI


“Ibu kita Kartini/ Putri sejati/ Putri Indonesia/ Harum namanya//”
-W.R. Soepratman
Setiap tanggal 21 April kita sebagai warga negara Indonesia, khususnya perempuan merayakan Hari Kartini. Hal ini ditandai dengan siswa-siswi Indonesia, yang diwajibkan memakai pakaian adat daerah dari berbagai pelosok tanah air atau berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan perempuan. Namun tentu, perayaan Hari Kartini jangan hanya sekedar seremonial belaka, melainkan diresapi baik-baik dalam hati, tingkah dan perbuatan. Musabab, diadakannya Hari Kartini ialah sebagai pengingat bukan cuma bagi kaum wanita tapi juga bagi kaum laki-laki, bahwa bangsa besar ini pernah memiliki seorang wanita tangguh di zamannya. Seorang wanita pelopor keadilan untuk kaum perempuan Indonesia, bernama Raden Ajeng Kartini. Kerap dalam tulisan-tulisannya, Kartini menggambarkan perempuan Jawa yang terkekang oleh adat untuk mengarungi luasnya bentara ilmu.
Kini, berkat perjuangannya dan juga tentu berkat pejuang-pejuang wanita tangguh lainnya, kaum perempuan terkhusus di Indonesia dapat merasakan emansipasinya sebagai seorang wanita melalui satu produk hukum yang digodok bersama. Mereka kini dapat melakukan tugas apapun; mereka berhak memperoleh pendidikan yang setara, dan mereka berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam segi-segi kehidupan tanpa harus menyalahi kodrat mereka sebagai ibu, yang melahirkan dan mendidik putra-putri terbaik bangsa. Tentunya ini merupakan langkah mulia dan bentuk kemajuan suatu bangsa. Laki-laki pun turut ambil andil guna menyukseskannya dengan banyak cara. Salah satunya ialah dengan menghargai keberadaan dan kesetaraan kaum wanita saat ini.

For all of women anywhere you are. Hope you’re always inspiring for the other. Make people know that you are someone who always give them a shine with your smile J Selamat Hari Kartini!

 

Komentar

Postingan Populer