MUTIARA HIKMAH

Masyarakat tidak butuh jalan yang dilaluinya dihamparkan karpet merah tebal, agar tak terluka kakinya. Masyarakat hanya butuh sepasang sandal untuk menutupi kaki-kaki mereka dari duri dan tajamnya kerikil jalanan.
Jangan pernah engkau menunda waktu. Jika engkau cinta, maka ucapkanlah. Jangan hanya demi menciptakan sebuah momen, engkau bakal menyesalinya. Musabab esok, lusa atau seterusnya engkau atau dia yang akan tiada. Jadikan setiap detik, menit dan jam serta harimu istimewa bersamanya. Apalagi, jika kalian saling tahu, bahwa kalian saling mencintai diantara kata tunda dan pendam.
Jangan kau hanya menjadi gema yang mengakui kepengecutanmu lewat suara-suara yang kau keluarkan. Tapi jadilah gaung gema yang mengakui keberadaanmu sendiri, kejantananmu, keperkasaanmu yang semuanya bermuara kepada hal positif. Musabab gema adalah gaung kehidupan. kehidupan memberi umpan balik atas semua tindakan dan ucapanmu. Kehidupan adalah pantulan tindakan kita.
Jika engkau terus menggerutu, maka engkau takkan pernah mendapatkan cinta. Oleh karena itu, berbaliklah!
Jarum jam akan terus berdetak, sekalipun engkau mampu menghentikannya. Maka, pergunakanlah waktu itu sebaik-baiknya. Untuk kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesanmu beserta keluarga tersayang. Hargailah setiap detik waktu, sebab waktu takkan pernah menunggu siapapun Anda.
Orang yang paling mengkhawatirkan kita adalah ibu kita. Ia sering menanyakan kita sudah makan atau belum. Padahal, ia sering lupa menanyakan itu pada dirinya sendiri. mungkin ia lupa sangking khawatirnya dengan kita di perantauan.
Semua akan indah pada waktunya jika kita mau bersabar. Memaksakan suatu kehendak hanya akan menempatkanmu pada ruang gelap gulita. Engkau sendiri akan merasa penuh frustasi dan marah sendiri pada akhirnya.
Jika aku buta nanti, apakah kau mau menggotongku ke kamar mandi, saat aku ingin buang air kecil? Jika aku buta dan renta nanti, apakah kau mau menuntunku menaiki sebuah bis untuk pergi bekerja? Atau jangan-jangan engkau akan pergi meninggalkanku. Mengajak seorang perempuan bermata nakal dan bermain-main di atas ranjang kita yang empuk? Aku mencintaimu karena kesetiaan dan kesabaranmu selama ini. Namun, apakah semuanya akan berakhir seiring bertambahnya usia seorang wanita? Aku ragu sekaligus cemburu pada waktu.
     Aku tahu keluarga lebih penting dari segalanya. Sebagai tempat berkumpul, bebagi cerita dan cinta atau melihat perkembangan anak-anak kita. Namun, tumpukan berkas-berkas ini menyiksaku, rapat di pagi hari menuntutku, dan tuntutan akan kepastian hidup di esok hari mengalihkanku dari apa yang seharusnya aku prioritaskan. Maafkan aku..
Sungguh. Keajaiban dunia tidak terdapat pada kokohnya Piramida di Mesir, indahnya Taj Mahal di India, gagahnya Tembok RRT di Tiongkok, uniknya Menara Pisa di Italia atau bergayanya Menara Eiffel yang menjulang di Paris. Namun, keajaiban dunia itu terdapat pada kemampuan manusia untuk melihat, mendengar, menyentuh, saling menyayangi, merasakan, tertawa bersama dan bisa saling mencintai. Itulah keajaiban yang sesungguhnya.     

Komentar

Postingan Populer