NIKAH IKUT-IKUTAN

www.google.co.id

Setiap orang termasuk saya pribadi menginginkan sebuah pernikahan yang didalamnya penuh dengan kebahagiaan, walaupun pesta pernikahan itu adalah pesta pernikahan paling sederhana yang pernah ada di dunia. Saya ingin kisah cinta saya sebagaimana dongeng-dongeng Putri Salju atau Cinderella bersama pangerannya, yang dimulai dengan kalimat “Once upon a time” dan berakhir happy ending.
Tapi untuk soal nikah muda, saya pribadi belum berani untuk mempraktikkannya. Sebab menuruh saya, nikah bukan hanya perkara membangun sebuah hubungan antara dua insan saja. Tetapi juga mengikat dua keluarga besar menjadi satu. Untuk itu cinta membutuhkan dua orang yang kuat untuk membangun sebuah mahligai rumah tangga. Selain daripada komitmen tentunya, untuk terus setia dengan pasangan sampai ajal menjemput.
Saya juga tak mau menikah hanya karena ikut-ikutan semata. Karena trending topic! Nikah membutuhkan banyak persiapan, atau anak-istri saya malah akan hidup terlunta-luta dan makan batu. Tentu saya tidak mau itu terjadi! Nikah itu menurut saya yang awam cinta-cintaan adalah usaha untuk menyatukan dongeng dengan realitas yang ada, agar tetap sinkron dan menghasilkan kebahagiaan.
Oh ya, satu hal lagi dan merupakan hal yang terpenting. Saya ga bakalan bisa nikah jika belum memiliki calonnya. Soalnya cinta pertama saya meninggal muda, cinta kedua saya ditikung orang dan cinta ketiga saya PHP. Eh? Kok jadi curhat? Hahaha! Terakhir saya berdo’a: “Andaipun saya menikah muda, semoga itu bukan karena married by accident. Amin!”. Allah berfirman, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur: 30).
 Menikah itu komitmen, bukan ikut-ikutan, bro!
Menikah itu tak seindah drama Korea atau roman-roman picisan!
Langgengnya hubungan juga amat-sangat ditentukan oleh lancarnya ekonomi dan komunikasi setiap pasangannya.

Pikir matang-matang, bro, sebelum kau pinang anak orang!  

Komentar

Postingan Populer