ARTI ORANG TUA

Orang tua bukan hanya mereka yang melahirkan kita secara biologis. Namun, orang yang perlu kita hormati pun merupakan orang tua secara sosiologis. Orang tua bagi anak adalah mereka yang telah memberikan ruh kehidupan dan kasih sayangnya. Namun, kini banyak orang tua yang tidak siap menjadi orang tua. Mereka melahirkan atas hubungan mereka, tapi bayi yang aib itu dibuang ke tong sampah, ke kali seperti zaman Nabi Musa AS.   
Mungkin ini yang menyebabkan redefinisi orang tua tidak selamanya bagus, bijaksana, suri teladan, pedoman dan sebagainya. Untuk itu para calon orang tua muda harus tahu asas, fungsi dan tujuan adanya strata orang tua di kehidupan. jangan hanya karena cinta muda dan tidak siap menjalankan cinta tua.
Orang tua memiliki arti yang bermakna. Ibu yang melahirkan, ayah yang membesarkan. Ibu yang mengajarkan kasih, sayang dan kelembutan. Ayah yang mengajarkan ketegasan, keberanian, dan kedisiplinan, serta ketegaran dalam hidup. Struktur pembagian kerja yang jelas, menjadikan tugas ayah dan ibu yang lebih proporsional.
Tak ada salahnya, mendo’akan keduanya. Ada atau tiada, bersatu atau berpisah, baik atau buruk. Mereka adalah induk dan kita adalah citra keduanya. “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku. Dan, dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sejak kecil”.

Sungguh mulia..

Komentar

Postingan Populer