KUMPULAN TULISAN CINTA (INSPIRED BY DESCEDANTS OF THE SUN)

Pria itu tentara pasukan Alpha. Dia itu jago bertarung dan bisa melindungimu sewaktu-waktu. Serta selalu berhasil dalam menyelesaikan setiap tugasnya dengan baik. Dia pula seorang penembak jitu serta cerdas.
Chemistry dengan kau, seorang perempuan cantik dan rapi, walaupun rada sok cuek. Dan aku adalah bocah pengamat yang senyum-senyum sendiri memerhatikan gelagat percintaan kalian, yang konyol.
Cinta kalian itu berawal dari pandangan pertama. Almuhabbatul ula la tunsa fiha (Love in the first sight is never forgotten) dan cinta yang semestinya didukung seluruh alam untuk bersatu. Walaupun deru riak kesibukan masing-masing seringkali menghalangi cinta unik kalian berdua.
***
Jika hujan turun membasahi baju tentaramu, aku tiada mengapa. Tapi jika mitraliur dan rentetan senjata yang datang membabi buta ke arahmu, aku benar-benar takut. Walaupun itu semua telah menjadi pilihan hidupmu: tentara luka, tembak, dan helikopter. Aku tetap khawatir.
Sebab kita hanya berjumpa 2 minggu untuk berpisah 8 bulan atau hanya berjumpa 2 minggu untuk berpisah selamanya. Tidak! Aku ingin kau duduk disini disampingku dan mendengarkan curhatanku, yang gagal meraih gelar profesor bidang ilmu bedah hanya karena aku tak punya koneksi.
Malam ini aku tak ingin mendengar ceritamu, tentang gerilya di medan perang antara membunuh atau terbunuh. Walaupun aku tahu, kau melakukan itu demi kewajiban menjaga perdamaian dan tanah air kita. Aku hanya takut. Aku hanya takut akan kehilanganmu, Big Boss...
***
Jilbabmu pun kau lepas, seiring aku pergi meninggalkanmu. Kau salah, jika engkau berhijab karena pintaku. Kau seharusnya berhijab, karena kewajibanmu akan Tuhan kita.
QS. Al-A’raf: 26, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”
***
Film bergenrekan tentara kerap mengajarkan kita akan arti penghormatan kepada bendera, negara, bangsa dan jasa-jasa para pahlawan. Sekaligus mengingatkan akan hari di kala senja, saat aku dan kau khidmat memandangi bendera yang sedang dipancangkan.
***
Kau tidak perlu mendiagnosis kadar cintaku padamu. Cukup kau jawab saja, "ya atau tidak". Berdasarkan pertimbangan rasionalitas dan perasaanmu. Atau jika tidak, cukup katakan "Terimakasih karena telah mencintaiku". Lantas, aku pun akan berlalu dari hidupmu.
Kau tak perlu bersikap seperti tentara untuk menghindar dariku. Karena kau tau betapa besar kecintaanku padamu, walaupun kau hanya staff sersan, dan aku letnan. I don't care!
***
Kuciumi kau dalam-dalam, dengan segenap rasa hati yang membuncah. Hingga hampir jatuh botol anggur yang tengah kau pegangi. Tetapi engkau menghindarinya, di tengah rintik hujan yang dingin. Sebenarnya kita sama-sama ingin, hanya saja mungkin belum bertemu waktunya.
Sebab aku tahu, aku terlalu sering pergi meninggalkanmu. Hingga engkau menodongkan pistol saat aku tiba-tiba muncul di depan pintu. Kau sangat marah, dan kau ancam aku untuk tidak pergi lagi. "You are my everything!," pekikmu dengan berurai air mata...
***
Kau memang sangat menarik, sekaligus sangat berbahaya. Sebab profesimu dan juga caramu yang sering menghilang sesukanya, tanpa bilang, tanpa pamit. Sehingga, kencan kita hanya berjalan 1/4 nya saja. Tapi jujur, aku memang sangat mengagumimu, pria yang menawan. Senang berada di dekatmu. Hingga kau tak perlu heran, jika Tuhan akan terus mempertemukan kita, kapan dan dimanapun kita berada. Biar langit dan bangunan Urk runtuh sekalipun, aku bakal mengejar kemanapun kau pergi.
Biarlah batu oval putih, pasir putih, laut biru dan bekas kapal karam, serta kesibukan kita yang menjadi saksi bisu cinta ini.
***
Descendants of the Sun mengajarkanku bahwa cinta itu bukanlah perkara nafsu atau karena kegatalan buah zakar semata. Cinta adalah penghormatan laki-laki kepada perempuan, dan kecemburuan seorang laki-laki kepada perempuannya, bilamana perempuan itu bercakap-cakap dengan laki-laki lain, musabab kadar cinta yang bersangatan.
Cinta adalah kekhawatiran seorang perempuan akan nasib lelakinya yang sedang bertugas. Cinta adalah kala seorang ibu melakukan perjuangan hebat demi melahirkan si buah hati. Cinta adalah ketidakmudahan seorang laki-laki untuk meniadakan orang yang sangat dirindui dalam hidupnya. Walaupun ia telah berlelah-lelah untuk melupakannya.
Pada perjalanannya, cinta bakal memunculkan pilihan-pilihan sulit. Namun apapun itu, pasangan baik akan selalu menghadapinya bersama-sama. Di tengah ketidaksempurnaan manusia, cinta bakal menguatkan mereka untuk meraih tangis haru bahagia dengan sepenuh hati.
***
Kesungguhan kecintaan seorang lelaki kepada perempuan tidak dilihat dari seberapa banyak dan mahal berlian yang diberikannya. Walaupun hampir semua lelaki tahu, bahwa perempuan amat-sangat mengagumi perhiasan. Namun, kesungguhan kecintaan seorang lelaki kepada perempuannya itu terlihat dari kesetiaan lelaki tersebut berada di samping perempuannya dan menyemangatinya. Walaupun lelaki itu tahu umur si perempuan tidak lama lagi, walaupun ia tahu darah merah kental telah mengalir dari lubang hidungnya yang mancung.
Jangan takut, Aku takkan keluar, Aku takkan pergi meninggalkanmu.  
***

Komentar

Postingan Populer