ENSEMBLE (OPINI TENTANG FILM “HOME”)

Ini adalah film tentang ilmu pengetahuan (science). Sangat sulit untuk mengartikan film ini, bagi kami yang berkutat pada ilmu-ilmu sosial. Tapi satu hal yang pasti, film ini menjelaskan satu kesatuan proses yang saling berjalin-kelindan atau saling berhubungan. Hingga terciptanya satu tatanan kehidupan.
Berbagi adalah segalanya seperti tanaman, ganggang, karbon dioksida, ikan, spesies, mollusca, dan bakteri-bakteri. Sangat sulit bagi kami mengartikan visual yang penuh dengan gambar ilmu pengetahuan yang di-sinematic-kan. Sebab, budaya kami cenderung menerjemahkan film sebagai lambang perseteruan, action, drama, tangisan, dan ratapan perjuangan hidup.
Tapi dari film “Home” a la Perancis yang Liberte, Egalite, dan Fraternite. Kami belajar satu adaptasi kehidupan baru, bahwa hidup adalah petualangan terbesar dalam dunia. Dan saat manusia belajar dari warisan bumi seperti padi, apa yang terkandung di dalam bumi, pupuk dan masih banyak lagi. Engkau telah mengubah wajah dunia ini menjadi lebih layak dan lebih baik.
Namun, jangan sampai pula kelebihan-kelebihan hasil warisan bumi itu. Menjadikan kita mengoyak-ngoyak, mencabik-cabik, dan melubangi bumi yang tak pernah berdosa. Melainkan, kita penduduknya yang mulai rakus alias serakah. Menguras dan seolah-olah hanya manusia dari dunia besar yang berhak hidup denngan segala kebutuhannya yang membuncah. Dan, meniadakan pemilik kekayaan di negeri itu sendiri.
Aset ini untuk kita bagi bersama. Dan, hubungan manusia-manusia dan lingkungan harus tetap terjalin adanya. Ensemble.[]

Sekian 

Komentar

Postingan Populer